Cara Mudah Menghidupkan Motor Injection Yang Mati - infootomotiptop

Advertisement
Advertisement
MENGATASI MOTOR INJECTION MATI - Bagaimana pikiran anda ketika sedang dalam perjalanan, tiba-tiba motor anda mogok. Sebagian besar akan panik apalagi motornya injeksi. Makin panik kita dibuatnya, tapi anda jangan nyerah dulu. Karena segala sesuau pasti ada jalan keluarnya, termasuk masalah motor injeksi mogok ini. simak cara menghidupkan motor injeksi mogok untuk lebih lengkap.Sebelum kita bahas menu utamanya, anda sekalian perlu memahami sedikit konsep teknologi efi pada sepeda motor agar nantinya bisa lebih mudah dalam penyerapan informasi.

Teknologi EFI(Electrik Fuel Injection) adalah sebuah teknologi mesin yang bertugas untuk menggantikan fungsi karburator namun telah terintegrasi secara elektronik. Pada motor konvensional, karburator berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ,bersama udara ke dalam mesin. Pada sistem EFI komponen karburator disederhanakan hanya menjadi katup gas tanpa pilot jet. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tanki melalui injector yang penyemprotanya diatur secara elektrik oleh ECU (Electronic Control Unit). Sehingga lebih efisien.

Kelebihan Motor Injection

-Lebih hemat dan efisien, karena volume bahan bakar dikalkulasi secara akurat oleh ECU. Sehingga akan menghasilkan campuran yang selalu ideal.

-Lebih ramah lingkungan, karena memiliki campuran yang ideal pembakaran pun berlangsung lebih sempurna. Sehingga tidak menghasilkan gas beracun yang berlebih.

-Tidak memerlukan sistem cok, sistem cok berguna ketika suhu intake masih dingin. Sehingga bensin yang diperlukan juga semakin banyak. Pada sistem EFI cok tidak lagi diperlukan karena sudah diatur oleh ECU.

-Perawatan lebih simple, motor EFI tidak lagi memiliki pengaturan ISAS dan IMAS sehingga kita tidak perlu repot melakukan penyetelan untuk seting idle RPM.

empat kelebihan diatas banyak mengikat perhatian para calon pemilik motor. Tapi mereka tidak tahu bahwa semakin tinggi suatu teknologi maka masalahnya juga akan semakin kompleks. Memang bisa dikatakan motor injeksi itu awet, tapi apa semua motor injeksi itu tidak bermasalah ?
Itu tidak benar, ada beberapa motor injeksi yang mengalami masalah mogok seperti ini. Kalau motor karbu sih paling pilot jetnya mampet atau businya kotor. Tapi bagaimana dengan motor injeksi ? apa penyebabnya ?

Penyebab motor injection mogok dan cara menghidupkannya.

Berbeda dengan motor karburator yang lebih mudah ketika terjadi permasalahan,sedangkan sepeda motor berteknologi EFI memiliki rangkaian cukup rumit. Artinya saat motor ini mogok, tidak melulu diakibatkan dari busi. Ada beberapa penyebab motor injeksi sulit hidup antara lain:

1.Krena kehabisan bensin

Penyebab paling sepele motor mogok adalah kehabisan bensin. Beberapa orang beranggapan bahwa motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin karena akan menyebabkan mesin susah dihidupkan.Memang benar, teknologi EFI menyertakan tekanan bahan bakar didalam sistem fuel line-nya. Sehingga ketika kehabisan bensin, terdapat udara yang masuk kedalam fselang bensin. Hal ini menyebabkan motor akan sulit hidup ketika distarter karena tekanan bahan bakar terganggu dengan adanya udara didalam sistem.Kondisi ini cenderung tidak berbahaya karena motor Efi telah dilengkapi sistem yang dapat membuang udara atau bleeding secara otomatis.Untuk menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

-langkah awal pastikan anda telah mengisi bensin ke dalam tanki motor anda.
-Lalu putar kunci kontak ke posisi ON, dan tahan sekitar 4 detik.
-kemudian putar kembalu kembali ke posisi OFF.
-Lakukan cara ini tiga hingga lima kali.

Tujuanya saat kunci kontak berada pada posisi ON fuel pump akan memompa bensin ke dalam saluran bensin. Jika kita lakukan hal ini berulang maka akan seperti proses bleeding. Sehingga udara didalam saluran bensin akan terkumpul pada ujung injektor. Setelah itu, silahkan anda start mesin motor seperti biasa.

2.Mogok karena aki tekor.

Untuk penyebab berikutnya juga bisa dibilang sering terjadi. karena Baterai atau aki adalah komponen penyimpan arus listrik pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyupai energi listrik ke sistem elektrikal motor.Pada motor konvensional, aki hanya dipakai saat proses starter. Namun pada motor injeksi, aki tidak hanya bertugas pada sistem starter tapi aki juga berperan untuk menstabilkan arus kelistrikan motor.Apabila aki tekor, maka tegangan akan drop. Imbasnya arus listrik ke ECU beserta fuel pump juga akan drop. Sehingga motor bisa mati total.
Solusi terbaik untuk memperbaiki masalah ini yaitu dengan melakukan penggantian baterai. Namun apabila dalam kondisi genting, anda bisa melakukan jumper dengan aki pada motor lain. Alat yang diperlukan hanya dua buah kabel jumper. Hubungkan secara paralel terminal (+) dengan (+), dan (-) dengan (-) pada aki. Saat mesin telah hidup, kebutuhan arus listrik akan disuplai oleh altenator mesin.

3.Mogok karena fuel pamp mati.

Fuel pump atau pompa bensin hanya akan kita temui pada mesin yang berteknologi Efi. Fungsinya untuk menyuplai bahan bakar dari tanki ke saluran bensin dengan tekanan tertentu. Pada sistem injeksi keberadaan fuel pump sangatlah vital. Karena bensin dapat keluar dari injektor apabila dalam kondisi bertekanan. Apabila fuel pump tidak beroperasi, tidak ada tekanan bahan bakar pada sistem injeksi. Hal itu menyebabkan bensin tidak keluar dari dalam injector.
Untuk mengecek fuel pump, anda cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON. Apabila fuel pump beroperasi maka akan terdengar bunyi dengungan dari dalam tanki hingga beberapa detik. Namun apabila bunyi itu tidak muncul maka bisa dipastikan fuel pump rusak. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan indikator check engine yang menyala. Untuk mengatasi hal ini anda perlu melakukan penggantian fuel pump.

4.Mogok karena busi mati.

Busi menjadi komponen yang bertugas dalam proses penyalaan pembakaran mesin. Busi ini juga menjadi komponen vital karena berperan langsung dalam proses pembakaran mesin.Baik motor karbu atau injeksi, masalah motor mogok yang diakibatkan oleh busi juga sering terjadi. Gejalanya motor biasanya akan brebet ketika RPM rendah lalu mesin tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan lagi.
Penyebab utama busi mati adalah karena adanya pembakaran yang kurang sempurna,didalam timbunan deposit didalam ruang bakar, atau karena kesalahan pemilihan busi ketika mengganti busi sebelumnya. Hal-hal tersebut bisa menjadi penyebab mengapa umur busi menjadi sangat singkat. Solusinya, jelas penggantian busi. Tapi sebelum kita mengganti busi dengan yang baru, kita harus benar-benar mengecek kondisi lain selain busi.

Apa saja?!

-Pastikan kondisi ruang bakar bersih dari deposit, untuk memastikannya anda bisa membersihkan ruang bakar menggunakan sprayer carbon cleaner.
-Pastikan check engine tidak menyala.
-Pastikan idle speed control juga bersih, anda bisa cek ISC didekat throtle body motor anda.
-Pastikan anda menggunakan busi dengan spesifikasi pas, yang terpenting busi sudah dilabeli Resistor (bisa label R atau U).
-Coba bersihkan dahulu busi lama motor anda, kalau tetap tidak menyala maka ganti dengan yang baru.

5.Kerusakan pada salah satu sensor.

Pada sistem Efi, juga menyertakan sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertentu. Sensor ini akan mengirimkan data yang memuat aliran udara, dan suhu aliran udara intake. Ketika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Biasanya masalah ini diawali dari lampu Check engine yang menyala. Untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan anda memerlukan scanner, atau membawanya ke bengkel resmi.

6.Mogok karena kemasukan air.

Untuk penyebab kali ini, memang diakibatkan oleh penggunanya sendiri. Air ini dapat masuk dari lubang saringan udara. Meski posisi saringan udara umumnya terlindungi, namun apabila anda menerjang banjir dengan volume yang tinggi atau mencuci motor sembarangan maka air dapat dengan mudah masuk kedalam mesin.
Solusinya, anda perlu mengeringkan busi dan bagian dalam mesin. Caranya lepas busi motor anda, kemudian pastikan kunci kontak berada pada posisi OFF. Sla motor anda menggunakan kick starter hingga beberapa kali, langkah ini bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam mesin. Terakhir pasang kembali busi dan nyalakan seperti biasa.

Tips agar motor anda tidak mudah mogok.

-Gunakan bensin beroktane tinggi, ini karena motor injeksi sangat sensitif terhadap bensin kualitas buruk, Conotnya menggunakan Bahan bakar Pertamamx atau Pertamax Turbo.
-Selalu panaskan motor dipagi hari sebelum melaju, agar aki dapat terisi dengan penuh.
-Pastikan anda selalu service rutin, minimal 2 kali dalam setahun.
-Jangan mencuci motor sembarangan, agar air tidak masuk kedalam mesin.

Demikian informasi yang saya dapat berikan semoga bermampaat, terimakasih.

Advertisement