Cara membuat Motor Drag untuk Balapan Liar Atau Kontes

Advertisement
Advertisement
MODIFIKASI- Mungkin usia SMA dan SMP atau usia anak anak muda sangat gemar sekali untuk memacu motornya dengan kecepatan tinggi. Bahkan tidak asing lagi bagi anda yang suka dengan adegan balapan motor liar atau lomba. Biasanya aksi balapan motor tersebut dilakukan secara resmi atau liar yang digelar di jalan raya,Sementara jika balapan RESMI umumnya berlangsung di tempat yang sudah di tentukan agar penonton dan juga pembalapnya lebih aman ketika beraksi di jalanan.
Agar bisa menjuarai di berbagai event balap , biasanya pemilik motor akan mencari tempat bengkel yang bisa membuat motor miliknya memiliki laju atau Larinya menjadi lebih kencang. Bahkan ngantripun tidak menjadi masalah ketika harus menunggu giliran untuk di lakukan tune up pada mesin motornya.Yang terpenting bagi pembalap adalah motornya bisa di tangani oleh orang yang sudah jago /secara langsung di garap sama mekanik yang handal dan terdapat pada bengkel tersebut.
Banyak anggapan yang keliru dengan balapan drag bike, karena balapan ini tidak semudah yang dibayangkan. membutuhkan jam terbang tinggi serta teknik yang mumpuni agar dapat melaju dengan kencang di lintasan atau jalan.Teknik atau cara yang paling krusial dan sulit ialah disaat melakukan start. Dan menjaga keseimbangan dengan berat sepeda motor yang sangat ringan dan perlu keahlian, karena teknik dalam menaikkan gigi juga tidaklah dengan sembarangan.Karena balapan ini adalah tempatnya untuk para pecinta kecepatan. Bahkan untuk kecepatannya motor drag terbaik luar biasanya bisa mengalahkan top speed dari motor balap tercepat yaitu MotoGP.Baru-baru ini motor untuk drag yang tercepat ialah Dodge Tomahawk mempu mencatatkan waktu paling cepat yaitu mampu mencapai 560 km/jam. Bahkan mobil F1 dan MotoGP pun mampu disikiat habis jika masalah adu cepat dengan motor drag bike.
Di Indonesia sendiri balapan ini cukup diminati dan digandrungi serta banyak dari mereka yang terjun langsung untuk mencoba balapan drag bike. Bahkan banyak juga yang mempunyai kesempatan untuk turun dalam balapan resmi, tapi tidak sedikit juga yang hanya memilih balap liar.
Untuk diindonesia sendiri banyak yang tanpa harus membeli sepeda motor drag khusus, banyak yang memodifikasi motor pribadi mereka bisa langsung drag bike. pada saat sudah menjadi motor drag bike, motor pun masih bisa dipakai untuk sehari-hari, bahkan bisa semakin keren jika dipakai untuk jalan-jalan.Banyak pembalap yang ingin merubah motor biasa miliknya menjadi motor drag bike. Tetapi di antara mereka mayoritas tidak mengetahui bagaimana cara untuk merubah motor standar mereka menjadi motor drag.

CARA MEMBUAT MOTOR DRAG

Berikut beberapa langkah dasar untuk membuat motor drag.

1.Nengganti Sasis Drag

Untuk langkah pertama yang dilakukan adalah penggantian sasis. Karena sasis harus benar-benar ringan dan kuat pada motor drag. jika dirasa masih kurang ringan, alangkah baiknya diganti dengan sasis yang baru. Tetapi hal tersebut salah satu yang sangat menghabiskan biaya.
Jika sasis versi impor dari Jepang, untuk sasis drag bike bisa di kisaran 10-25 juta rupiah. Tapi anda tidak perlu khawatir karena untuk sasis standar balap Indonesia senndiri hanya kisaran 2 juta.

2.Merubah Kaki-Kaki Drag Bike.

Untuk kaki-kaki motor drag, lebih baik pilihlah sokbreker yang sesuai dengan ukuran motor. Ukuran ban juga harus disesuaikan, yaitu dengan ukuran 50/90 untuk ban depan, sedangkan 60/80 di ban bagian belakang.
Dan untuk mengikuti ukuran ban diameter dan pelek juga harus diperkecil, karena hal tersebut berhubungan dengan mesin motor yang akan di-bore up,karena agar dapat mengurangi beban pada saat tunggangan di pakai.Hitungannya juga akan berbeda bila diameter ban tidak cocok. Semakin besar kapasitas serta diameter ban diperkecil karena harus memakai perbandingan gigi yang pas atau tepat.

3.Merubah Mesin Motor Drag.

hal yang paling utama adalah dengan merubah mesin agar mendapatkan tenaga yang lebih besar pada motor tersebut, Maka harus dibutuhkan modifikasi mesin supaya motor bertenaga besar. Untuk penggantian biasanya dilakukan pada noken as atau pada as klep, karburator, piston, kabel busi, serta beberapa komponen yang penting lainnya.Dengan memperbesar langkah serta diameter piston juga termasuk silindernya serta untuk perbandingan transmisi juga tidak kalah penting. Perbandingan gigi akhir merupakan faktor penting untuk bisa meningkatkan performa motor drag.

4.Menyesuaikan Gaya Serta Berat Joki.

Jika kondisi sasis sudah ringan, serta kaki-kaki sudah oke, dan mesin motor sudah garang, langkah selanjutnya ialah pengaturan motor supaya sesuai dengan tubuh dan gaya joki hal tersebut isitilah pembalap motor drag.
Yang perlu diperhatikan ialah terletak pada pegangan tangan, tempat duduk joki atau jok, serta pijakan kaki, semua haruslah dirasa nyaman dan aman sesuai dengan gaya pembalap atau joki.

5.Bahan Bakar Yang Dipakai Drag.

Bahan bakar juga menentukan bagaimana jalannya sepeda motor, dan tentunya sangan berpengaruh untuk motor drag, semakin besar kadar oktan BBM maka akan semakin bagus pula, tetapi hal tersebut harus seimbang dengan settingan motor drag.tetapi kebanyakan bengkel banyak yang menggunakan bahan bakar dari pertamax,maupun pertamax turbo karena kualitas dari bahan tersebut bisa dikatakan sangat bagus.

6.Tampilan Motor Drag.

Untuk segi tampilan, dapat anda sesuaikan dengan selera. Jika menerapkan tampilan drag bike versi rumahan juga tidaklah menjadi masalah, asalkan dipakai pada wadah atau tempat yang benar dan tidak lupa harus selalu mengutamakan keselamatan.

7.Biaya Modifikasi Motor Drag.

Di Indonesia sendiri uang yang harus di keluarkan hanya berkisar antara Rp 3-5 juta. Tetapi jika ingin motor drag bike dengan perubahan yang ekstrem atau standar balap kisaran Rp 10-20 jutaan harus siap dikeluarkan oleh anda.
Jika ingin memodifikasi motor drag bike paling murah alangkah baiknya memakai motor jenis matik saja. Karena anda tidak perlu repot-repot mengganti gigi-gigi transmisi atau rasio yang mahal. Cukup hanya dengan memperbesar diameter silinder serta memperpanjang langkahnya. tetapi semua itu kembali pada selera anda, jika menginginkan motor drag yang sangar maka motor sport lah yang menjadi idola. Tetapi jika ingin yang murah dan juga sederhana, motor matik dapat menjadi pilihan terbaik.

Demikian informasi yang saya dapat berikan semoga dapat bermampaat bagi para moddifikator , sekian dan terimakasih.

Advertisement